Rabu, 19 Juli 2023

Ukuran Perusahaan: Menentukan Dimensi Kesuksesan dan Pertumbuhan Bisnis

    Ukuran perusahaan merupakan parameter kritis dalam dunia bisnis yang mencerminkan dimensi, skala, dan potensi pertumbuhan suatu perusahaan. Terdapat berbagai metode untuk mengukur ukuran perusahaan, dan hal ini menjadi penting karena ukuran berhubungan dengan daya saing, efisiensi, dan kesuksesan bisnis secara keseluruhan. 

Mengapa Ukuran Perusahaan Penting?

  • Daya Saing: Ukuran perusahaan dapat mempengaruhi daya saingnya dalam industri tertentu. Perusahaan dengan skala besar mungkin memiliki keunggulan biaya, sementara perusahaan kecil dapat bersaing dengan kecepatan dan fleksibilitas.
  • Akses ke Sumber Daya: Ukuran perusahaan juga berdampak pada akses ke sumber daya, seperti modal, teknologi, tenaga kerja, dan pasar. Perusahaan besar mungkin lebih mudah mengakses modal dan teknologi yang diperlukan untuk inovasi dan ekspansi.
  • Efisiensi Operasional: Ukuran perusahaan dapat mempengaruhi efisiensi operasional dan manajemen. Perusahaan yang lebih besar mungkin memiliki skala ekonomi yang memungkinkan mereka memproduksi dan memasarkan produk dengan biaya lebih rendah.
  • Daya Tarik Investor: Ukuran perusahaan juga dapat mempengaruhi daya tariknya bagi investor. Perusahaan besar mungkin lebih menarik bagi investor karena dianggap memiliki stabilitas dan potensi pertumbuhan yang lebih besar.

    Semakin besar ukuran atau skala perusahaan maka akan semakin mudah bagi perusahaan untuk memperoleh sumber pendanaan, baik yang bersifat internal maupun eksternal, hal ini dapat dikatakan bahwa ukuran perusahaan dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Besar kecilnya perusahaan akan mempengaruhi kemampuannya untuk menanggung risiko yang mungkin timbul dari berbagai situasi yang dihadapi perusahaan tersebut. Perusahaan besar memiliki resiko yang lebih kecil daripada perusahaan kecil, Karena perusahaan besar memiliki kontrol yang lebih besar (greater control) terhadap kondisi pasar, yang memungkinkan mereka menghadapi persaingan ekonomi.

    Investor akan meningkatkan nilai perusahaan besar dan memperlakukan mereka dengan lebih baik. Ukuran perusahaan adalah ukuran bisnis dan dapat dikatakan sebagai total aset atau total penjualan bersih. Semakin tinggi total aset, maka akan semakin tinggi modal investasi, semakin tinggi penjualan, dan semakin tinggi perputaran dana perusahaan. Perusahaan dengan pertumbuhan penjualan yang tinggi perlu mendukung sumber daya mereka yang lebih besar. Sebaliknya, perusahaan dengan pertumbuhan penjualan yang rendah juga membutuhkan lebih sedikit sumber daya institusional. Oleh karena itu, ukuran perusahaan adalah ukuran atau jumlah aset yang dimiliki oleh perusahaan

Cara mengukur Ukuran Perusahaan

Ukuran perusahaan = Log Natural (Total Aset)

Adapun langkah-langkan dalam mendapatkan ukuran perusahaan sebagai berikut:
  • Buka laporan tahunan perusahaan yang di inginkan

Disini saya memakai laporan tahunan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) tahun 2018

  •  Cari nilai Total Aset di Ikhtisar Keuangan

atau bisa juga dilihat di Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian 




Dapat dilihat bahwa nilai total aset PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) tahun 2018 sebesar 1.492.487.745


Maka  ukuran perusahaan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) tahun 2018

Ukuran perusahaan = Log Natural (Total Aset)

                                 = Log Natural (1.492.487.745)

                                 = 21,12

Cara mencari nilai Log Natural di excel

  • ketik rumus di excel dengan cara =LN(masukan nilai total asetnya)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJI HETEROSKEDASTISITAS DENGAN UJI BREUSCH PAGAN GODFREY DI EVIEWS

  SIAPDAN DATA DI EXCEL BUKA DATA EXCEL DENGAN OPEN WITH EVIEWS  AKAN MUNCUL TAMPILAN SEPERTI INI KLIK NEXT TERUS SAMPAI MUNCUL INI, PILIH U...